+ -

Pages

Saturday, February 15, 2014

Ngobrolin Street Art Bareng Dhado Wacky


 Posted by momo


WACKY INSTHINK

   




Dhado Wacky. Dari kedua vocal nama itu sangat dibebaskan untuk memilih nama panggilannya. Tukang gambar street art di Indonesia, tepatnya wilayah pinggir Kota Tangerang. Yeahh memang Dhado sudah sangat akrab di Tangerang. Seniman street art yang satu ini makin menjamur gambar-gambarnya di sudut-sudut kota, didasari dari rasa sosial dan kepedulian disekitarnya. Dengan melihat karyanya, Dhado seakan berkarya untuk menyampaikan pesan atas ketidakpuasan terhadap apa yang ada. Karyanya bagaikan sebuah suara yang diwakili dengan lisan. CMYKN belum lama ini bertemu dengan si tukang gambar ini dan langsung ngobrol-ngobrol seru bersama Dhado Wakcy ngebahas street art sekaligus mau tau prosesnya bisa menjadi seniman street art.



Obrolan kita waktu itu ;

Cmyknation : Boleh nanya ga bro, kalo gambar-gambar lo ada yang bilang jelek lo mao bilang apa ?

Dhado wakcy : Slow, emang sengaja gua gambarnya jelek biar di katain gitu. HaHaHa.

Cmyknation :  Ada planning apa aja ni di tahun 2014 ?

Dhado wacky : Ada planning sih, selain naekin emak bapak gua naek haji, gua mao fokus kuliah dulu.

Cmyknation : Kenapa menggambar jadi plihan yang lo suka bro ?

Dhado wacky : Gua suka gambar biar ga di suruh ngitung. HaHaHa

Cmyknation : Dari umur berapa lo suka gambar dan kenapa pilih street art?

Dhado wacky : Dari emak bapak gua dan waktu masih kecil juga gua udah gambar kok HAHAHA. Udah 10 tahun gua gambar di street art. Karena street art, gua bisa membuat karya yang ga cuma konvensional, disitu gua bisa berintraksi sama rakyat jelata kaya lo dan gua. Masalah-masalah lo bisa gua angkat dimedium street art, biar bisa langsung di liat bapak-bapak pejabat yang lagi lewat pake mobil bagusnya. Simpelnya di street art (mural khususnya) gua bisa menyampaikan pesan gua yang resah gara–gara lingkungan sosial atau sistem birokrasi, gua juga bisa gambar penis gua kalo mau HAHAHA.

Cmyknation : 10 tahun gambar, trus gak makan sama minum bro? ”you strong man” HAHAHA. Bro pernah gak ikut sebuah kompetisi gambar gitu, dan pernah winner dimana aja ?

Dhado wacky : Iye bener, Gambar trus kaga makan sama minum, hehehe. Sering banget gua ikutan sama komunitas gua, sering banget tiap ada lomba gua ikutin semuanya yaaah tapi gitu deh !!!

Cmyknation :  Gitu deh kenpa bro ??

Dhado wacky : Saking pada culun pesertanya, sampe gampang banget gua kalah alias ga pernah menang. HAHAHAHA gua menangnya waktu lawan anak SMA, baru tuh gua ngerasain juara hahahahaa.

Cmyknation : HAHAHA sedih yah bro. Semangat dong!! Apa nama komunitas lo? dan ada rencana apa yang lagi kalian kerjain di tahun ini?

Dhado wacky : Ketawa luh!! Hahaha kalo lawannya anak kecil gua pasti semangat. Ada banyak bro komunitas gua. Komunitas Kopi Item, Komunitas Sepatu Konvers, Komunitas Upil Serabutan dan ada Komunitas Landasan Tiang Bendera HAHAHA. Tapi yang di seriusin TAS TAS (Tim Artistik Selow Tanpa Asal–asalan) dan Berandalan Aspaleho

Cmyknation : Masih inget ga bro komunitas street art pertama kali yang lo ikutin ?

Dhado wacky : Yang petama kali itu waktu SMA namanya ‘Destroyer’ hahahaha katro. Terus eksis di Otak Kanan juga gue (Komunitas Street Art Tangerang). Yang tadi nya pedagang singkong rebus tela-tela jadi seniman street art sekarang, HAHAHAHA.

Cmyknation : Kerennnnnnnnnn !! Apa yang membuat lo semangat dan tertarik jadi seniman street art? dan ada gak sih tips khusus buat jadi senima street art kaya lo ?

Dhado wacky : Kata temen gua sih seniman itu orang yang bisa gambar, ga ada yang ga bisa gambar, anak TK juga udah bisa gambar. Nah gua ga mao kalah sama anak TK. Ada tips nya boii lo sering–sering nongkrong di kampus gua kalo sore sambil ngopi sama godain cewe pasti langsung jago gambar.

Cmyknation : Hahaha boleh juga ikutin tips nya nih. Gambar karakter yang suka lo buat lo namain apa?

Dhado wacky : Biasanya karakter gua disebut Somadh, nama panjangnya Muhammad Somadhudin. Doi doyan nguntit, ngintip, kepow, tapi keras boii hidupnya. Yah nama nya juga hidupnya.

Cmyknation : Minggu-minggu ini ada rencana buat gambar lagi dimana?

Dhado wacky : Minggu depan tepat hari kamis di kampus gua kaya gathering gitu.

Cmyknation : Boleh dong ikutan, biar ngeribetin hehe. kalo lo sendiri sebagai seniman street art lo suka gambar di media gede apa yang kecil?

Dhado wacky : Dateng dong kekampus gua. Jadi acaranya live painting gitu di tembok jurusan sama Dj”a, alah HAHAHA. Kalo gambar si fleksibel bro, tergantung kebutuhan. Tapi gua sukanya si yang gede loh yang seksi berisi hahahaha.

Cmyknation : Idola lo dalam menggambar siapa? 

Dhado wacky : Banyak bro. Kalo di luar ada Smuag, Etam Cru, Lumph. Kalo di Indonesia ada Oky Rey Montha, Dicky Leos, Uji Hahan, Indie Guerilas.

Cmyknation : Terakhir nih. Menurut pendapat lo street art di Indonesia sendiri gimana?

Dhado wacky : Bagus-bagus. Males gua pada keren–keren, bikin gua kalah lomba trus.

Cmyknation : Makasih banyak bro buat ngobrol ngobrol nya.

Dhado wacky : Sama sama.

Untuk tahu lebih banyak mengenai Dhado Wacky. Kalian bisa lihat dibawah ini :

Contact :
http://dhadowacky.tumblr.com/
https://www.facebook.com/dhado.wacky
https://twitter.com/dhado_wacky
5 MORMON MERCH: Ngobrolin Street Art Bareng Dhado Wacky  Posted by momo WACKY INSTHINK      Dhado Wacky. Dari kedua vocal nama itu sangat dibebaskan untuk memilih nama panggila...

1 comment:

< >