+ -

Pages

Thursday, January 9, 2014

Ziggy Stardust Karakter

David Bowie 
Posted by Aldi Cusmin


Salah satu ikon kreatif yang paling terkenal dalam sejarah modern, David Bowie. Sebuah retrospektif baru kerja artis di Galeri Seni Ontario memiliki 75 buku yang harus dibaca Bowie - tur menarik keingintahuan lintas-disiplin dan bahan bakar untuk kreativitas kombinatorial nya.

Nama aslinya adalah David Jones, lahir di London, 8 Januari 1947. Dikenal sebagai salah seorang yang paling berpengaruh di industry pop. Tapi, pengakuan ini enggak dateng tiba-tiba, di awal 1960an, saat dia masih mengawali karirnya sebagai seorang seniman, dia mengalami masa-masa frustrasi karena tidak ada satupun karyanya yang dikenal, bahkan diterima baik oleh publik. Dia sudah pernah mencoba semua kerjaan seniman, mulai dari akting, pantomim, melukis, sampe nulis buat pertunjukkan teatrikal.


Kemunculan David Bowie
Sampe akhirnya di tahun 1969, David Bowie ngeluarin album yang judulnya Space Oddity, dengan single yang judulnya sama. Lagu ini bercerita tentang gimana rasanya jadi astronaut yang tersesat di luar angkasa. Nah, ternyata di tahun ini, tidak lama setelah dirilis, Astronaut NASA berhasil menginjakkan kakinya di bulan. Udah pada lupa kan kalau moon-landing terjadi pas taun 1969?! Karena tepat banget sama momentum ini, lagunya David Bowie yang Space Oddity makin meledak. Yang akhirnya lagu moon-landing selalu nampak di BBC News. Dan karena channel berita belum banyak seperti sekarang, akhirnya siaran-siaran TV selalu bersumber dari BBC, dan makin menjamurlah lagu David Bowie ini. Apalagi genre musik psychedelic memang lagi berkembang banget di era-nya. Enggak heran David Bowie akhirnya diakui sebagai musisi yang brilian. 

Selain dikenal karena ke-eclectic-annya, David Bowie juga terkenal dengan gayanya yang eksentrik. Dijamannya Bowie selalu terlihat extreme. Jauh sebelum Adam Lambert, Gerard Way atau bli Jerinx yang ikutan pakai eyeliner. Tapi setelah kesuksesan di album pertamanya, tidak langsung Bowie jadi sukses memproduksi album. Setelah Space Oddity, cuma ada satu lagu yang meledak di pasaran, The Man Who Sold The World, yang sampai bikin Nirvana mengcover lagunya dialbum Unplugged in New York. Padahal saat itu Kurt Cobain dipaksa-paksa tuh sama Bowie. 

The Comeback
Baru di tahun 1972, dia berhasil lagi bikin karya yang meledak di pasaran. Judul albumnya,Ziggy Stardust yang dia akui adalah nama dari alter egonya, yang mungkin menginspirasi Beyonce, yang punya alter ego bernama Sasha Fierce. Di album ini dia mengeksplorasi soal kemungkinan di masa depan, kaya bakal terjadinya Armageddon (alias kiamat), disfungsi dan kebingungan gender, terus juga ngebahas soal tema-tema kontemporer yang pasti dialamin sama semua musisi yang lagi naik daun, misalnya gimana destruktifnya kesuksesan dan ketenaran, dan gimana bahayanya orang-orang yang selalu hidup dalam ilusi kalau dia adalah orang hebat dan dikenal oleh orang banyak. Makanya, Ziggy Stardust ini juga jadi legendaris, karena ngeksplorasi secara mendalam sisi-sisi gelap manusia.

David Bowie merayakan ulang tahunnya ke-66 hari ini. Dari BBC datang kisah menarik dari karakter flamboyan Ziggy Stardust, Bowie ikon berkelamin glam-rock alter ego, yang kemudian menjadi salah satu kultus budaya pop terbesar abad ke-20. Film dokumenter ini didasarkan pada 1983 film konser DA Pennebaker Stardust dan the Spiders from Mars, yang ditangkap mengejutkan sebagai pengumuman asli Bowie pensiun dengan persona yang terkenal di Hammersmith Odeon Theater London sepuluh tahun sebelumnya.



Mungkin lagu Fashion adalah alasan Bowie selalu terlihat extremeMenurutnya Fashion itu keras dan hambar.







5 MORMON MERCH: Ziggy Stardust Karakter David Bowie  Posted by Aldi Cusmin Salah satu  ikon kreatif yang paling terkenal dalam sejarah modern, David Bowie. Sebuah retrosp...

No comments:

Post a Comment

< >